1. Pengertian Computer Based
Instruction
CBI (Computer Based
Instruction) adalah sebuah pembelajaran terprogram yang menggunakan
komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan materi
kepada siswa (Indro, 2010). Pada CBI komputer menjadi pusat pembelajaran
(center of learning) dimana siswa berperan lebih aktif dalam mempelajari suatu
materi dengan media utama komputer. Dalam hal ini materi pengajaran disusun
secara sistematis dan dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman,
perangkat lunak atau software Animasi (seperti flash dll.) Pemrograman materi
pembelajaran tersebut meliputi penyampaian informasi, pemberian contoh soal,
tugas-tugas dan soal-soal latihan.
Penggunaaan CBI dalam kegiatan belajar
mengajar dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan model. Bower and
Hilgard(Arifin, 2007:. 34) membagi dalam tiga model pembelajaran yaitu :
Tutorial, drill-practice procedure, mensimulasikan problem-problem actual,
eksperimen tanpa menggunakan alat dan bahan. Copper ed. (Arifin, 2007: 34)
membagi dalam tiga model pembelajaran yaitu : presentasi kelas, demonstrasi,
simulasi. Sedangkan Heinich, et al (Arifin, 2007:. 34) mengembangkan ke dalam
enam model, yaitu Tutorial, praktek dan latihan (drills and practice), simulasi
(simulation), permainan (games), penemuan (discovery), dan pemecahan masalah
(problem solving).
Terkadang orang seringkali menyamakan metode
CBI dengan CAI (Computer Assisted Instruction), padahal keduanya merupakan 2
metode yang berbeda. Adapun perbedaannya:
a. CAI
Peran guru tidak semuanya hilang dan computer
hanya berperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi pelajaran.
b. CBI
Computer menjadi pusat pembelajaran dimana siswa berperan aktif
dalam mempelajari suatu materi dengan madia utama computer.
2. Tujuan
ComputerBased Instruction
Beberapa tujuan CBI sebagai
berikut.
a.
Tujuan dari pembelajaran melalui CBI model tutorial adalah untuk
memberikan “kepuasan” atau pemahaman secara tuntas (Mastery) kepada siswa
mengenai materi atau bahan pelajaran yang sedang dipelajarinya.
b.
Tujuan dari Instructional games adalah untuk menyediakan suasana
(lingkungan) yang memberikan fasilitas belajar yang menambah kemampuan siswa.
c.
Dengan menggunakanberbagai
macammodulmultimediayang berbeda, perangkat lunak dapat
membantumengajar siswapotongan bahankurikulum. Siswamulai
belajarmelalui penggunaantutorial, terusbelajar
melaluipraktek dibimbing, menambahpemahaman merekadengan
menontonanimasiatau menjalankansimulasi, menikmatimenerapkanmateribelajardengan
bermaingame, dan akhirnya, menunjukkan
bahwa merekatelah belajarmateridengan mengambiltes.
Sumber
Indro. 2010. Computer Based Instructio (CBI), (Online), (http://indrockz.blogspot.com/2010/07/computer-based-instruction-cbi.htm,
diaskses tanggal 23 Sepetember 2010)
http://www.ehow.com/facts_6081722_computer_based-instruction-education_.html
http://www.darngoodsolutions.com/mms/home_CBI.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar