Halaman

Senin, 03 Desember 2012

PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

    
1. Pengertian Computer Based Instruction
CBI (Computer Based Instruction) adalah sebuah pembelajaran terprogram yang menggunakan komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan materi kepada siswa (Indro, 2010). Pada CBI komputer menjadi pusat pembelajaran (center of learning) dimana siswa berperan lebih aktif dalam mempelajari suatu materi dengan media utama komputer. Dalam hal ini materi pengajaran disusun secara sistematis dan dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman, perangkat lunak atau software Animasi (seperti flash dll.) Pemrograman materi pembelajaran tersebut meliputi penyampaian informasi, pemberian contoh soal, tugas-tugas dan soal-soal latihan.
Penggunaaan CBI dalam kegiatan belajar mengajar dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan model. Bower and Hilgard(Arifin, 2007:. 34) membagi dalam tiga model pembelajaran yaitu : Tutorial, drill-practice procedure, mensimulasikan problem-problem actual, eksperimen tanpa menggunakan alat dan bahan. Copper ed. (Arifin, 2007: 34) membagi dalam tiga model pembelajaran yaitu : presentasi kelas, demonstrasi, simulasi. Sedangkan Heinich, et al (Arifin, 2007:. 34) mengembangkan ke dalam enam model, yaitu Tutorial, praktek dan latihan (drills and practice), simulasi (simulation), permainan (games), penemuan (discovery), dan pemecahan masalah (problem solving).
Terkadang orang seringkali menyamakan metode CBI dengan CAI (Computer Assisted Instruction), padahal keduanya merupakan 2 metode yang berbeda. Adapun perbedaannya:
a. CAI
Peran guru tidak semuanya hilang dan computer hanya berperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi pelajaran.
b. CBI
Computer menjadi pusat pembelajaran dimana siswa berperan aktif dalam mempelajari suatu materi dengan madia utama computer.

 2. Tujuan ComputerBased Instruction
Beberapa tujuan CBI sebagai berikut.
a.         Tujuan dari pembelajaran melalui CBI model tutorial adalah untuk memberikan “kepuasan” atau pemahaman secara tuntas (Mastery) kepada siswa mengenai materi atau bahan pelajaran yang sedang dipelajarinya.
b.         Tujuan dari Instructional games adalah untuk menyediakan suasana (lingkungan) yang memberikan fasilitas belajar yang menambah kemampuan siswa.
c.          Dengan menggunakanberbagai macammodulmultimediayang berbeda, perangkat lunak dapat membantumengajar siswapotongan bahankurikulum. Siswamulai belajarmelalui penggunaantutorial, terusbelajar melaluipraktek dibimbing, menambahpemahaman merekadengan menontonanimasiatau menjalankansimulasi, menikmatimenerapkanmateribelajardengan bermaingame, dan akhirnya, menunjukkan bahwa merekatelah belajarmateridengan mengambiltes.

Sumber
Indro. 2010. Computer Based Instructio (CBI), (Online), (http://indrockz.blogspot.com/2010/07/computer-based-instruction-cbi.htm, diaskses tanggal 23 Sepetember 2010)
http://www.ehow.com/facts_6081722_computer_based-instruction-education_.html http://www.darngoodsolutions.com/mms/home_CBI.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar